Membeli mobil secara kredit tidak ada salahnya, bahkan dengan membeli mobil secara kredit bisa menghindari pengeluaran yang besar dalam satu waktu. Dengan hanya membayar uang mukanya saja, maka kendaraan sudah bisa Anda bawa pulang.

 

Saat ini sudah banyak Lembaga yang menawarkan pinjaman atau melayani kredit mobil. Mulai dari yang legal hingga illegal. Pastikan jika Anda ingin membeli mobil secara kredit, penjual memiliki track record yang baik. Bahkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih ini, Anda bisa membeli mobil secara kredit hanya melalui sebuah smartphone saja. Ada 4 komponen penting yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum membeli mobil secara kredit sebagai berikut :

 

1. Pastikan lolos BI Check

Bank Indonesia sendiri bertugas salah satunya untuk mengawasi transaksi keuangan nasional. Dimana di Bank Indonesia terdapat system pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit melalui bank ataupun leasing. Anda juga harus memasikan bahwa tidak adanya cicilan kredit personal yang bermasalah terutama kartu kredit. Hal ini nantinya akan menyebabkan Anda masuk dalam blacklist BI dan tidak akan bisa mengajukan kredit apapun.

 

Maka hal yang pertama perlu dilakukan, pastikan Anda tidak mempunyai catatan buruk mengenai riwayat kredit di Bank Indonesia. Jika nantinya Anda tidak masuk dalam blacklist BI maka pengajuan kredit mobil Anda akan lebih mudah.

 

2. Beli sesuai dengan kebutuhan

Setelah lolos dalam riwayat BI Check langkah selanjutnya yaitu, Anda harus menentukan terlebih dahulu mobil seperti apa yang Anda butuhkan. Tujuan dan jenis mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membeli mobil hanya untuk keperluan pribadi sendiri, sebaiknya Anda membeli mobil kecil seperti Jazz, Brio sedangkan jika Anda membeli mobil untuk keperluan keluarga ada baiknya membeli mobil tipe MPV.

Di Indonesia sendiri, tipe mobil MPV banyak digunakan karena memiliki kapasitas kabin yang cukup luas. Tidak hanya itu, mobil tipe MPV juga umumnya jauh lebih kuat untuk dibawa untuk perjalanan jauh seperti ke luar kota. Dengan tenaga yang cc yang lebih besar dibandingkan mobil kecil. Ada banyak jenis mobil MPV yang ditawarkan oleh SEVA.id dimana jika nantinya Anda kredit mobil, Anda bisa mendapatkan penawaran Bunga rendah ataupun DP yang rendah.

 

3. Lihat Kondisi Keuangan

Untuk angsuran semua kredit pribadi hanya diperbolehkan sekitar 30% dari total penghasilan perbulan yang tertera di slip gaji. Pastikan Anda memiliki dana yang mencukupi untuk membayar uang muka atau Down Payment (DP) kredit mobil. Umumnya untuk nilai uang muka sekitar 20-30% dari total harga mobil. Akan tetapi, Anda perlu ketahui terdapat tempat beli mobil secara kredit yang memperbolehkan pemberian DP sebesar 10% saja yaitu SEVA

Anda juga tidak perlu khawatir dengan DP yang rendah, bahkan di SEVA.id sendiri Anda bisa mendapatkan bunga mulai dari 0% saja. Tentu dengan adanya penawaran ini sangat menguntungkan untuk Anda yang ingin membeli mobil secara kredit.

 

4. Simulasi Kredit

Dalam hal ini, melakukan simulasi kredit sangat diperlukan agar Anda nantinya memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil. Tapi Anda tenang saja, melalui SEVA sendiri Anda akan mendapatkan layanan pembiayaan terlebih dahulu dimana nantinya Anda bisa mengetahui seberapa besar kondisi kemampuan keuangan Anda dalam melakukan pembelian mobil secara kredit dalam masa tenor yang telah di tentukan.

 

Tentu dengan adanya layanan pembiayaan ini akan jauh lebih menguntungkan untuk Anda yang ingin membeli mobil secara kredit melalui leasing.

 

Setelah mengtahui keempat komponen penting mengenai kredit mobil, Anda sudah tidak perlu jauh-jauh untuk dating ke dealer mobil secara langsung. Hanya menggunakan sebuah smartphone dan internet saja Anda bisa mengajukan pembelian mobil secara kredit melalui SEVA.