Tampilan yang gagah dan kokoh, serta mampu menerjang segala medan menjadi keunggulan mobil SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport. Maka tidak heran jika banyak orang yang tertarik mengajukan kredit pajero sport terbaik agar bisa memiliki mobil ini dengan pembayaran yang lebih terjangkau.

Namun, meskipun mobil ini kokoh serta memiliki mesin yang bandel, tentu tetap akan bermasalah jika tidak dilakukan perawatan secara baik. Selain menjaga performa mesin tetap optimal, dengan melakukan perawatan maka dapat menghindari kerusakan mesin yang fatal bagi kendaraan Anda. Beberapa perawatan yang perlu dilakukan yaitu:

1.      Memakai Oli Yang Sesuai

Oli memiliki peran penting untuk menjaga mesin yang saling bergesekkan agar tidak cepat aus dengan melumasi permukaannya. Selain itu, cairan ini juga bisa membantu proses pendinginan mesin. Sebelum melakukan ganti oli, ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu buku manual mobil untuk mengetahui jenis oli yang harus digunakan. Atau, selalu ganti oli di bengkel resmi agar tidak perlu repot memikirkan jenis oli dan oli yang digunakan juga sudah pasti original.

2.      2. Mengganti Filter Secara Berkala

Terdapat beberapa jenis filter pada mobil yang berfungsi sebagai penyaring kotoran, seperti filter bensin, filter udara, dan filter oli. Semua filter ini harus diganti secara berkala agar dapat selalu berfungsi maksimal. Untuk filter oli, disarankan selalu menggantinya setiap ganti oli atau setidaknya setiap 2x ganti oli. Sementara filter bensin disarankan untuk diganti setiap 40.000Km atau 2 tahun sekali dan bisa lebih cepat dalam kondisi tertentu. Nah, untuk filter udara disarankan untuk menggantinya setiap 20.000Km. Namun, jika mobil SUV Anda sering digunakan di area yang kotor seperti area berpasir, maka waktu penggantiannya bisa lebih cepat yaitu setiap 10.000Km.

3.      Penggunaan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar berkualitas penting untuk mobil SUV agar memperhalus kinerja mesin dan tidak membebani tarikannya. Apalagi jika Anda sering membawa mobil ini berkendara di medan yang cukup berat, pemilihan bahan bakar yang berkualitas tentu sangat pengaruh bagi keadaan mesin mobil Anda. Sebaiknya, periksa buku manual Anda untuk mengetahui jenis bahan bakar yang paling sesuai untuk mobil SUV kesayangan Anda, dan pastikan selalu mengisinya sesuai dengan anjuran pada buku tersebut.

4.      Melakukan Tune Up dan Servis Rutin di Bengkel Resmi

Selanjutnya selalu melakukan tune-up dan servis hanya di bengkel resmi. Melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel resmi tentunya akan mempermudah Anda dalam memonitor kesehatan mesin mobil serta performanya. Selain itu, tim teknisi yang menangani mobil Anda pastinya sudah benar-benar mengenal mobil Anda, dari spesifikasi mesin hingga semua fiturnya. Jadi mereka dapat lebih mudah mendeteksi ketika terdapat masalah di dalamnya. Hal yang tidak kalah penting yaitu, semua komponen atau suku cadang serta cairan seperti oli, minyak rem, dan sebagainya, terjamin originalitasnya jika di bengkel resmi.

Siap Menerapkan Tips Perawatan Mobil Diatas?

Bagaimana dengan perawatan yang selama ini Anda lakukan untuk mobil SUV kesayangan Anda di rumah? Apakah sudah benar? Jika belum, yuk mulai lebih memerhatikannya agar performanya selalu terjaga!