5 Cara Mengatasi Diare dengan Cepat

Cara mengatasi diare dengan cepat tentunya sangat dibutuhkan bagi Anda yang saat ini tengah menderita diare. Terserah penyakit tersebut tentu sangatlah tidak menyenangkan, selain perut yang sakit serta membuat tubuh lemas, Anda juga harus keluar masuk kamar mandi dan hal itu tentu sangat melelahkan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang menimbulkan penyakit diare, antara lain yaitu efek samping obat-obatan tertentu, infeksi bakteri ataupun virus, makan makanan yang terlalu pedas, penyakit gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Mengatasi Diare dengan Cepat?

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Di awal hari sangat dianjurkan untuk mulai memperbanyak minum air putih supaya tubuh disini tetap terhidrasi dengan baik. Air putih merupakan minuman yang terbaik dan perlu banyak dikonsumsi ketika Anda menderita diare.

Memang banyak minuman air putih tidak menyingkirkan bakteri penyebab diare, tapi dengan menjaga tubuh selalu terhidrasi, resiko fatal oleh karena dehidrasi nantinya dapat dicegah. Hindari untuk mengonsumsi minuman elektrolit karena minuman tersebut memiliki banyak sekali kandungan gula yang bahkan akan memperburuk kondisi Anda. Selain itu juga jangan minum-minuman berkafein seperti kopi dan teh, alkohol dan juga minuman bersoda.

Memperbanyak Mengkonsumsi Serat Larut

Penderita diare sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan serat larut seperti beras merah gandum, apel, kacang polong, jeruk dan wortel. Makanan yang memiliki kandungan serat laut nantinya bisa bergerak lebih lambat di area saluran pencernaan serta mampu mengikat diare dan membuat kotoran buang air besar jadi lebih padat nantinya.

Makan dengan Porsi Kecil

Cara untuk mengatasi diare tanpa obat yang berikutnya yaitu dengan Anda mengubah pola makan menjadi lebih sering namun dengan porsi yang lebih kecil. Ketika makamn usahakan Anda makan sebanyak 5 hingga 6 porsi kecil sehari.

Pilih menu kentang ataupun nasi dengan menggunakan tambahan protein sehat tanpa lemak, seperti telur, ikan ataupun ayam. Tambahkan pula sayuran yang dimasak hingga nantinya jadi matang. Perubahan pola makan tersebut akan memudahkan pencernaan yang sedang berada dalam kondisi kurang maksimal.

Konsumsi Probiotik

Bagi penderita diare juga sangat tidak sarankan di sini untuk mengonsumsi probiotik yang dikenal mampu mengatasi gangguan pencernaan, infeksi bahkan hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu.

Beberapa makanan yang di sini memiliki kandungan probiotik diantaranya yaitu kefir, yogurt tempe, kimc, tahu dan lain sebagainya. Sekalipun begitu terdapat orang yang di sini mereka sembuh dari diare setelah mengkonsumsi namun ada pula yang lebih cocok mengonsumsi tempe.

Hindari Asupan Penyebab Diare

Dari beberapa cara yang sudah disebutkan bisa jadi kurang ampuh jika penderita tetap mengkonsumsi minuman maupun makanan penyebab diare. Seperti yang sudah diketahui makanan dan minuman yang bisa menyebabkan diare makin parah diantaranya yaitu: makanan yang terlalu asam, makanan pedas, produk susu bagi yang alergi terhadap laktosa, gorengan, makanan dengan lemak tinggi, makanan cepat saji makanan yang mengandung pemanis buatan.

Selain itu jika diare di sini disertai dengan gejala demam, sakit perut parah, BAB yang berwarna hitam dan berdarah maka wajib untuk Anda segera memperoleh penanganan medis. Pastikan nantinya tak ada gejala dehidrasi seperti lemas, pusing, pucat, urine yang sedikit serta haus saat diare. Sedangkan jika yang mengalami diare adalah mereka yang masih anak-anak maka lebih baik lakukan konsultasi dengan dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.