5 Kuliner Pedas Asli Indonesia yang Wajib Dicicipi

Semua orang sudah tahu bahwa Indonesia terkenal dengan keragaman kuliner dari Sabang sampai Merauke. Aneka jenis kuliner berbagai bentuk dan rasa pun mudah dijumpai di mana saja. Di antara ribuan jenis kuliner tersebut, ada satu kuliner yang jadi favorit banyak orang, apalagi kalau bukan kuliner pedas.

Rasanya hampir tiap daerah di Indonesia memiliki kuliner pedasnya sendiri. Bahkan daerah yang terkenal dengan makanannya yang manis seperti di Yogyakarta, memiliki kuliner pedas yang menggigit. Untuk Anda yang ingin keliling Indonesia dan menikmati beragam kuliner pedas, simak artikel berikut.

 

Ayam betutu

Masakan ini merupakan ikon dari Pulau Dewata yang cukup legendaris. Biasanya tidak hanya ayam saja yang digunakan, tapi juga bebek. Zaman dulu, hidangan ini memiliki proses memasak yang cukup rumit. Jadi ayam yang dibungkus dengan daun dan batang pisang, ditanam di tanah dan ditutup dengan bara api sampai matang. Namun kini pembuatan ayam betutu sudah lebih modern dan mudah. Anda bisa mendapatkan hidangan ayam betutu di berbagai tempat di Bali. Namun jika ingin berkunjung ke tempat asalnya, Anda bisa ke daerah Gilimanuk.

 

Nasi krawu

Ke Jawa Timur jangan hanya berkunjung ke destinasi Bromo saja, tetapi kamu juga harus mencicipi nasi krawu. Kuliner yang berasal dari Gresik ini terdiri dari nasi pulen dengan daging sapi, jeroan, semur, sambal petis, dan serundeng. Sebagai pelengkap, nasi krawu juga ditambahkan sambal terasi yang pedas nikmat.

 

Oseng-oseng mercon

Kuliner pedas selanjutnya adalah oseng-oseng mercon. Menu makanan dari Jogja ini biasanya dijual pada malam hari di warung tenda tengah kota, tetapi tidak sedikit juga yang menjualnya di beberapa rumah makan dekat candi Borobudur. Oseng-oseng mercon terbuat dari daging sapi dan cabai rawit yang melimpah. Kabarnya, perbandingan daging dengan cabai rawit adalah 2 : 1. Terbayang, kan pedasnya?

 

Ayam rica-rica

Pasti kamu sudah sering dengar dan menikmati hidangan in ikan? Ayam rica-rica berasal dari Sulawesi dan terkenal hingga seantero Indonesia. Ayam ini menggunakan campuran cabai merah dan cabai hijau yang digiling bersama bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit. Jadi rasa pedasnya maksimal. Olahan rica-rica ini juga tidak berhenti di ayam saja, tetapi juga bisa menggunakan protein lain seperti bebek, daging, hingga ikan bakar.

 

Seblak

Makanan asli Bandung yang kemarin ini sempat viral memang terkenal dengan rasa pedas yang “nyelekit”. Sebenarnya seblak sudah hadir cukup lama, namun baru populer beberapa tahun belakangan ini. Terbuat dari kerupuk yang direbus bersama dengan telur, ayam, macaroni, ceker, dan lainnya. Kemudian rebusan tersebut diberikan saus pedas kental. Untuk rasa yang lebih khas, seblak menggunakan kencur di dalam saus pedasnya agar aromanya lebih terasa.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.