Musim liburan telah tiba, saatnya merencanakan momen menyenangkan ini. Bagaimana jika berpetualang di Bali dan Lombok? Dua pulau ini memilki banyak sekali objek wisata seru dan unik. Meski sama-sama memiliki banyak pantai, keduanya menawarkan pesona yang berbeda. Tak hanya pantai, objek wisata selain pantai juga menarik untuk dikunjungi.

 

Butuh pilihan destinasi selain pantai yang seru untuk berpetualang di Bali dan Lombok? Yuk, simak di bawah berikut:

 

Bali

Garuda Wisnu Kencana

Siapa yang tidak tahu dengan patung GWK ini? Patung besar yang berada di Bali Selatan ini adalah karya seniman Bali, I Nyoman Nuarta. Saking besarnya, Anda bisa melihat patung ini dari Tol Mandara. Di GWK sendiri tidak hanya bisa melihat patung, tetapi juga pertunjukan seni seperti tari kecak yang fenomenal.

 

Pura Besakih

Pura yang sangat terkenal ini dibangun di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Gunung Agung. Gunung Agung sendiri adalah tempat peribadatan umat Hindu yang terbesar di Bali. Di sana, terdapat sekitar 86 pura yang sudah berusia 1000 tahun. Pada festival Odalan yang terjadi tiap hari ke 210, pura biasanya didekorasi seindah mungkin.

 

Pasar Seni Ubud

Ubud Art Market yang buka dari pukul 4 pagi hingga 6 sore ini menjual beragam jenis kerajinan dari Bali. Mulai dari tas rotan, topeng, kain Bali, dream catcher, patung ukiran kayu, hingga kerajinan batok kelapa lengkap tersedia di sini. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, datanglah pada jam 4 sampai 9 pagi karena masih sepi pembeli.

 

Lombok

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun yang berlokasi di Desa Aiq Beriq, Lombok Tengah ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa cantik. Di Air Terjun Benang Kelambu, terlihat beberapa titik sumber air yang mengalir melalui semak-semak di tebing bukit. Air tersebut mengalir tipis jadi terasa lembut di tubuh. Jika Anda mempunyai drone, sempatkanlah untuk menangkap keindahan air terjun ini dari kejauhan.

 

Bukit Merese

Bukit yang terletak di daerah pantai Mandalika ini menyajikan pemandangan yang memukau. Savana hijau membentang luas berpadu dengan hamparan air laut yang jernih membuat Anda betah berlama-lama di sini. Bukit Merese juga merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbenam.

 

Bukit Pergasingan

Bukit ini terletak di daerah Sembalun, Lombok Timur. Jika Anda berkendara dari Mataram, kira-kira dibutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai Bukit Pergasingan. Di sana, Anda bisa melakukan soft trekking sekitar 2 jam untuk mencapai puncaknya. Suasana yang tenang, membuat Anda nyaman berada di puncaknya. Kalau beruntung, Anda bisa melihat awan yang berarak di atas bukit ini seperti negeri di atas awan.

 

Tertarik mengunjungi destinasi wisata selain pantai di atas?