7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan – SehatQ

Sudah bukan rahasia bahwa buah dan sayur memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kali ini, kita akan kenali manfaat buah melon yang mungkin belum Anda ketahui. Selain baik untuk kesehatan, buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan.

Mengenal Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain manis dan enak, buah ini ternyata memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Anda pun tidak akan kesusahan dalam mendapatkannya karena hampir semua tukang buah pasti menyediakan buah ini. Dengan begitu Anda lebih mudah menerapkan pola hidup sehat yang akan berimbas pula pada kecantikan.

Berikut kandungan buah melon dari Data Komposisi Pangan Indonesia:

  • 37 kalori
  • 0,6 gram protein
  • 90,8 gram air
  • 1 gram serat
  • 7,8 gram karbohidrat
  • 167 mg kalium
  • 14 mg fosfor
  • 12 mg kalsium
  • 32 mcg vitamin B9
  • 31,9 mg vitamin C
  • 0,4 mg zat besi
  • B6
  • Beta karoten
  • Magnesium
  • Zinc
  • Folat

Dengan banyaknya kandungan zat berkhasiat, Anda bisa menikmati rasanya yang enak sekaligus mendapatkan manfaat yang banyak. Untuk lebih jelas mengenai manfaat buah melon bagi kecantikan dan kesehatan, mari simak penjelasan di bawah ini!

Menjaga Kecantikan Kulit

Dalam menjaga kesehatan kulit, tubuh memerlukan asupan vitamin C yang cukup. sayangnya tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin C tersebut, maka mau tidak mau Anda harus mengkonsumsinya. tidak perlu khawatir karena buah melon memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C ini nantinya akan membantu menjaga produksi kolagen yang memiliki manfaat untuk menjaga jaringan kulit. Vitamin C juga dapat melindungi kulit dari akibat buruk paparan sinar matahari karena mengandung senyawa antioksidan.

Memelihara Rambut agar Tetap Sehat

untuk menjaga kesehatan rambut Anda memerlukan vitamin A yang dimiliki buah melon. Sebuah studi bertajuk The Role of Vitamin & Mineral in Hair Loss menerangkan bahwa vitamin dan mineral memiliki manfaat penting. Di antaranya untuk membantu pertumbuhan dan pemulihan kerontokan rambut.

Memelihara Kesehatan Penglihatan

Di antara zat antioksidan yang terkandung dalam melon bernama lutein dan zeaxanthin. Zat ini memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga mata dari kerabunan di usia dini. Hal tersebut pernah dibuktikan melalui penelitian British Journal of Ophthalmology.

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Dalam menurunkan tekanan darah, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung natrium atau sodium rendah dan memperbanyak makanan yang tinggi kalium. Melon memiliki kandungan keduanya dengan porsi kalium yang tinggi dan sodium yang rendah, sehingga baik bagi penderita tekanan darah tinggi.

Menjaga Kepadatan Tulang

Kandungan folat, vitamin K, dan magnesium sangat baik bagi tubuh untuk menjaga kekuatan tulang. Komposisi ini bisa Anda dapati pada buah melon terutama pada jenis honeydew. 

Mengingat dari waktu ke waktu kepadatan tulang bisa menurun, Anda sangat membutuhkan folat. Zat ini juga baik bagi ibu hamil untuk sistem peredaran darah bayi, pembentukan DNA, jantung, dan tulang. Peran vitamin k dalam buah melon pun tak kalah penting dalam memproduksi protein utama dalam tulang.

Menjaga Keseimbangan Kadar Gula Darah

Jurnal PLOS Medicine mengatakan bahwa mengonsumsi buah secara teratur bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Dengan rutin makan buah segar setiap hari anda memiliki 12% risiko lebih kecil untuk terkena diabetes. Meskipun melon memiliki karbohidrat yang meningkatkan gula darah, kandungan lain di dalamnya bisa mengimbanginya agar tidak melonjak.

Anda bisa chat dokter dan memastikan langsung bahwa serat dan kandungan lain dalam melon bisa menjaga kadar gula darah.

Dari sekian banyak manfaat buah melon tidak diketahui secara pasti apakah buat melon memiliki efek samping. Begitu juga dengan kasus alergi yang mungkin saja terjadi tetapi sangat jarang. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu mengonsumsi buah satu ini untuk merasakan khasiatnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.