Berlatih Keterampilan Berpikir Kritis untuk Mahasiswa

Meraih kesuksesan setelah lulus kuliah tidak hanya bisa didapat hanya dengan tekun belajar, perlu disertai dengan keterampilan lain yang mendukung. Salah satunya adalah keterampilan atau skill berpikir kritis.

Menerapkan pemikiran kritis artinya mempertanyakan setiap aspek penting dalam suatu kondisi. Dengan ini, kamu mampu memecahkan masalah yang ada secara rasional dan dapat menentukan keputusan yang tepat. Sehingga, hasil yang didapatkan tidak akan bias dan benar-benar berdasarkan fakta yang ada.

Keterampilan berpikir kritis dapat dipelajari dan dilatih. Berikut ini beberapa tips untuk melatihnya bagi para mahasiswa.

1. Perbanyak Bertanya

Membiasakan rasa keingintahuan muncul akan menumbuhkan pemikiran kritis. Kamu akan menemukan sebuah fakta-fakta baru melalui penggalian informasi yang lebih dalam dan mendetail.

2. Jangan mudah percaya

Untuk melatih keingintahuan berikutnya adalah dengan tidak mudah percaya. Maksudnya disini adalah selalu menggali lagi informasi yang disampaikan oleh dosen atau orang lain.

Tidak mudah mengatakan apa yang dikatakan orang lain, tetapi perlu menggali makna di balik informasi tersebut. Dengan begitu akan memiliki ruang yang lebih untuk memeriksa dan menemukan fakta lain  yang mungkin ada di dalamnya.

3. Selalu pertanyakan hal-hal kecil

Latihlah sikap kritis dengan mempertanyakan hal-hal kecil. Sebuah pertanyaan tidak selalu mengarah kepada hal-hal besar. Tetapi dengan pertanyaan sederhana, dapat menimbulkan pertanyaan lain yang lebih dalam.

Semoga tips tadi dapat membantu kamu untuk melatih kemampuan berpikir kritis ya. Selain itu, kamu juga perlu melatih keterampilan lainnya seperti komunikasi, manajemen waktu, menganalisa.

Carilah kampus yang memberikan program-program pendukung agar para mahasiswanya dapat melatih keterampilan tersebut. Seperti Universitas Prasetiya Mulya yang merancang proses belajar dengan mengedepankan pola pikir kritis untuk para mahasiswa, contohnya melalui berbagai tugas berbentuk project. Mereka dilatih untuk dapat merasakan pembelajaran nyata, seperti layaknya di dunia kerja. Kampus ini juga bekerja sama dengan industri-industri terkemuka sehingga mahasiswa dapat bisa mendapatkan relevansi teori dengan praktik di lapangan.

Berbagai program pendidikan seperti S1 Manajemen Bisnis, hingga program sarjana lainnya ada di Universitas Prasetiya Mulya. Selain itu kampus ini juga membuka Program S2 Manajemen Bisnis untuk mengakselerasi pengembangan business skill kamu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.