Timnas Inggris akan menghadapi Denmark di semifinal EURO 2020 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Wembley, London pada Kamis (8/7/2021). Status tuan rumah dan tren permainan yang terus meningkat membuat Inggris difavoritkan banyak pengamat sebagai calon juara. Inggris dan Denmark akan memainkan permainan mereka di semifinal Kejuaraan Eropa untuk yang pertama kalinya selama lebih dari 20 tahun. Keduanya sangat ingin mencapai babak final.

Inggris diunggulkan dengan status mereka sebagai tuan rumah untuk laga semifinal dan final. Mereka saat ini juga memiliki skuat bertalenta. Sementara itu, Denmark, siap tampil dengan emosi dan semangat yang tinggi, untuk bisa meraih kemenangan besar di laga semifinal ini. Inggris mengawali turnamen Euro 2020 dengan lambat panas.Namun kini, Inggris telah berkembang. Ini adalah puncak kejayaan Inggris di Piala Eropa. Untuk pertama kalinya mereka bisa menembus semifinal lagi sejak Kejuaraan Eropa 1996.

Kemenangan bersejarah Inggris dengan skor 2 0 atas Jerman di babak 16 besar diikuti oleh kemenangan telak 4 0 atas Ukraina di perempat final. "Kami memiliki peluang yang luar biasa. Ini adalah kesempatan untuk membuat sejarah karena kami belum pernah ke final Kejuaraan Eropa. Ini bukan tekanan yang terlalu besar untuk tim ini; ini adalah tantangan. Para pemain bangkit untuk tantangan itu," kata Gareth Southgate, manajer Inggris. "Kami pernah menghadapi mereka dalam dua pertandingan melawan Denmark di musim gugur. Saya tahu betapa bagusnya mereka sebelumnya dan mereka telah membuktikannya lagi di turnamen ini. akan menjadi pertandingan yang fantastis," ucapnya.

Harry Kane, kapten Inggris juga menyebut Denmark adalah tim yang hebat setelah menghadapinya di Nations League dua kali tahun lalu. Satu laga imbang, dan satu satu laga berakhir dengan kekalahan. "Kami harus mencoba untuk fokus pada diri kami sendiri; itu adalah semifinal di stadion nasional kami dan kami harus menggunakan semua hal positif itu untuk mengkhawatirkan kami. Kami tahu jika kami melakukannya dengan benar dan bermain dengan cara yang kami tahu, maka kami memiliki peluang besar untuk mencapai final. Ini akan menjadi luar biasa," katanya. Di antara beberapa pengamat, kemenangan perempat final yang meyakinkan itu kini membuat Inggris menjadi tim yang sangat difavoritkan untuk bisa merebut trofi Henri Delaunay.

Namun, untuk bisa melakukannya, Inggris harus mampu mengubah catatan tren sejarah. Sejak meraih juara di Piala Dunia 1966, Inggris telah mencapai semi final turnamen besar sebanyak empat kali. Dan keempat semifinal itu mereka selalu gagal melewati rintangan empat besar itu. Denmark memulai Euro 2020 mereka dengan cara yang paling buruk. Pemain bintang mereka, Christian Eriksen mengalami henti jantung yang nyaris merenggut nyawanya dalam pertandingan pembukaan melawan Finlandia. Mereka kemudian kalah. Namun, didukung oleh perasaan emosional yang tumbuh di antara pemain lainnya, Denmark seperti mendapatkan energi ekstra.

Setelah Erikson pulih, Denmark pun pulih. Setelah kalah dari Belgia, mereka bisa mengalahkan Rusia dan lolos babak sistem gugur. Tim asuhan Kasper Hjulmand itu telah mengalahkan Wales dan Republik Ceko untuk mencapai semifinal. Inggris telah bermain melawan Denmark dua kali sebelumnya di turnamen besar, bermain imbang 0 0 di Euro 1992 dan mengalahkan mereka 3 0 di Piala Dunia 2002.

Namun, pertemuan terbaru antara keduanya, di UEFA Nations League 2020 21, Denmark sedikit unggul. Imbang 0 0 di Kopenhagen sebelum mengalahkan Inggris 0 1 di Wembley oleh gol tendangan penalti Christian Eriksen. Tim berjuluk The Three Lions akan tampil penuh percaya diri setelah kemenangan terbesar mereka di putaran final EURO saat menang 4 0 melawan Ukraina. Itu adalah keunggulan dengan empat gol pertama mereka di babak sistem gugur turnamen besar sejak Piala Dunia FIFA 1966. Tim asuhan Gareth Southgate juga menjadi tim pertama yang terus mampu menjaga 5 pertandingan tanpa kebobolan berturut turut di ajang EURO.

Denmark, juga memilik barisan pertahanan yang tangguh. Penalti Christian Eriksen di Wembley adalah satu satunya gol yang tercipta antara kedua tim dalam dua pertemuan UEFA Nations League pada tahun 2020. Pasukan Kasper Hjulmand telah mencetak 11 gol mereka di putaran final EURO ini. 10 gol dalam tiga pertandingan terakhir. Mengalahkan Wales dan Republik Ceko di fase knockout, Denmark menjadi kuda hitam yang tersisa hingga semifinal.

Denmark tidak menganggap bermain melawan Inggris di hadapan pendukungnya sendiri sebagai teror mental. "Ini akan seperti memainkan pertandingan tandang, tetapi itu juga memiliki daya tarik tersendiri, jadi kami benar benar menantikannya," katapelatih Denmark. "Kami senang orang orang akan hadir dan para penggemar kembali di stadion, meskipun jelas kami akan senang jika separuh stadion mengenakan warna Denmark. Motivasi kami adalah untuk membungkam penonton, tetapi kami tahu itu akan sulit," katanya.

Thomas Delaney, gelandang Denmark: "Pada awal turnamen, kami memberi diri kami tujuan untuk kembali ke Wembley. Dengan semua yang telah kami lalui, itu selalu menjadi tujuan Nomor 1 kami. Sekarang kami siap untuk menghadapi Wembley," kata Deleney. Laga ini akan menjadi ujian bagi Inggris sebagai calon juara. Apakah mereka bisa menaklukkan Denmark di babak semifinal? Sejauh ini banyak yang mengunggulkan Inggris menang. Situs situ yang biasa mengulas sepak bola hampir semuanya menjagokan Inggris. Seperti Sportkeeda menyebut Inggris akan menang atas Denmark dengan skor 2 0, Sportsmole dan Squawka juga mengunggulkan Inggris menang 2 1.

Laga: Babak Semifinal EURO 2020 Stadion: Wembley, London Hari: Kamis (8/7) Pukul: 02:00 WIB Pickford; Shaw, Maguire, Stones, Walker; Rice, Phillips; Sterling, Mount, Saka; Kane Manajer: Gareth Southgate Schmeichel; Vestergaard, Kjaer, Christensen; Maehle, Hojbjerg, Delaney, Larsen; Braithwaite, Damsgaard; Dolberg Manajer: Kasper Hjulmand