Jenis Gizi Ibu Hamil yang Perlu Dipenuhi, Apa Saja?

Pemenuhan nutrisi pada ibu hamil adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, pemenuhan nutrisi tersebut nantinya akan berdampak pada kesehatan ibu serta janin. Oleh karenanya, bagi ibu hamil, pemahaman tentang jenis gizi ibu hamil menjadi suatu hal yang cukup pokok.

Ya, ada beberapa jenis gizi yang harus diupayakan untuk dipenuhi oleh setiap ibu hamil. Adapun beberapa jenis gizi yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Read More

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan karbohidrat akan menjadi sumber energi bagi ibu hamil dan juga menunjang perkembangan janin.

Tidak hanya itu, para pakar mengatakan bahwa karbohidrat berperan penting untuk menurunkan risiko terjadinya masalah bayi lahir cacat. Oleh karenanya, pemenuhan karbohidrat yang didapatkan dari gandum, beras merah, sayuran dan buah menjadi penting untuk dilakukan.

2. Protein

Ibu hamil juga penting mendapatkan tambahan nutrisi protein. Bahkan, para pakar mengatakan bahwa sebaiknya ibu hamil mendapatkan nutrisi protein sekitar 70 hingga 100 gram setiap harinya.

Beberapa bahan makanan dengan kandungan protein tinggi yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah daging, telur, tahu, makanan laut dan lainnya. Ibu hamil juga bisa mengonsumsi yogurt untuk tambahan protein.

3. Zat besi

Jenis gizi lain yang penting dipenuhi oleh ibu hamil adalah zat besi. Dalam hal ini, zat besi memiliki peran yang sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga menyehatkan kandungan secara umum. Terlebih, ketika hamil, kebutuhan zat besi meningkat hingga 50%.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan zat besi yang tidak terpenuhi akan meningkatkan risiko terjadinya kelahiran bayi secara prematur. Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi, ibu hamil bisa mengonsumsi aneka makanan seperti hati ayam, daging tanpa lemak, ikan, tahu dan beragam jenis makanan lainnya.

Beberapa hal di atas adalah ragam jenis gizi ibu hamil yang penting untuk dipenuhi. Tentu saja, ibu hamil juga harus mendapatkan nutrisi berupa serat, vitamin, lemak dan juga kalsium untuk menunjang kehamilan mereka. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.