Pinjaman berbunga rendah banyak diminati. Namun, suku bunga yang tinggi seringkali membuat total cicilan membengkak, yang tentunya berdampak buruk bagi keuangan. Namun, Anda tidak perlu khawatir saat mengajukan pinjaman, karena Anda bisa memilih jenis pinjaman berbunga rendah yang ditawarkan oleh banyak bank.

Apa itu Pinjaman Bunga Rendah

Bank tidak hanya berperan dalam tabungan, tetapi juga dapat melayani dalam bentuk dana pinjaman. Hampir setiap nasabah bank telah menggunakan layanan ini untuk kebutuhan mendesak atau sehari-hari. Misalnya, pembelian kendaraan, rumah atau biaya rumah sakit. Setiap pinjaman yang akan diambil dari bank pasti ada bunga yang dibebankan kepada peminjam dan terkadang memberatkan.

Suku bunga yang tinggi pasti akan membebani Anda sebagai nasabah bank. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk memilih pinjaman berbunga rendah. Pinjaman berbunga rendah, seperti namanya, adalah layanan bank yang menawarkan pinjaman berbunga rendah di setiap angsuran. Biasanya bunganya tidak lebih dari 2% atau bahkan kurang dari 1% setiap bulannya.

Berikut ini adalah jenis-jenis Pinjaman Bunga Rendah simak sampai bawah ya !

Jenis-Jenis Pinjaman Bunga Rendah

Pinjaman bank tidak terbatas pada satu jenis saja, ada beragam pinjaman berbunga rendah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasannya.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Pinjaman Pemilik Rumah, atau KPR, adalah pinjaman yang digunakan untuk membeli rumah. Kehadiran KPR membantu masyarakat mewujudkan rumah impian dengan jangka waktu hingga 25 tahun tanpa harus mengeluarkan modal awal yang banyak. Bunga yang diberikan juga sangat bervariasi sesuai kebijakan masing-masing bank, bervariasi antara 6-10% per tahun pada 1-5 tahun pertama.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Pinjaman tanpa jaminan adalah sistem pinjaman dari bank tanpa menggunakan agunan. Jenis pinjaman ini sangat populer di masyarakat. Selain tidak adanya agunan, proses pengajuannya lebih mudah dari yang lain dan tentunya disertai dengan bunga yang rendah. KTA biasanya digunakan untuk pendidikan, modal kerja dll. digunakan untuk kebutuhan mendesak seperti Meski demikian, tak jarang pelanggan menggunakan KTA untuk keperluan lain, seperti membeli kendaraan atau bahkan pergi berlibur.

Jenis-Jenis Pinjaman Bunga Rendah untuk Para Pebisnis?

Kredit dengan Agunan

Kebalikan dari KTA, pinjaman dijamin adalah layanan pinjaman yang mengharuskan pelanggan untuk memberikan jaminan berupa aset seperti sertifikat rumah. Umumnya, pinjaman dengan agunan digunakan oleh nasabah yang membutuhkan dana besar. Tidak mengherankan jika pinjaman jenis ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dilunasi. Dan Anda memiliki jangka waktu pinjaman yang panjang. Dilaporkan bahwa bunga yang diterima lebih rendah daripada pinjaman tanpa jaminan.

P2P Lending

Pembiayaan dengan cara ini semakin menarik perhatian terutama oleh UMKM karena mempunyai bunga yang sangat rendah. Selain menawarkan kemudahan akses, jumlah pinjaman di P2P Lending juga beragam. Sehingga para pelaku usaha dapat segera menyesuaikannya dengan kebutuhannya.

Cara kerjanya cukup mudah. Sebagai pelaku usaha, Anda hanya perlu mengajukan kredit dalam jumlah tertentu di salah satu platform penyedia P2P. Pinjaman ini akan dikenakan jangka waktu tertentu. dana akan langsung diberikan kepada Anda dalam beberapa hari kerja. Sedangkan pinjaman dapat dikembalikan dengan tingkat bunga yang relatif menguntungkan. Salah satu penyedia jasa P2P lending terbaik adalah akseleran,

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Saat ini, UMKM tidak perlu khawatir dengan modal kerja untuk mendukung kelancaran usahanya. Pelaku usaha dapat memanfaatkan salah satu program pinjaman pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bank umum dan untungnya pinjaman ini mempunyai bunga rendah. Plafon kredit yang diterima bisa mencapai ratusan juta. Anda harus datang ke salah satu bank pemerintah, kemudian secara bersamaan mengisi formulir pinjaman dan membawa syarat dan ketentuan yang diperlukan.

Sayangnya, tidak semua bank pemberi KUR menawarkan pinjaman tanpa agunan. Khusus untuk pinjaman dengan nominal yang cukup besar. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan pinjaman ini jika sebenarnya tidak memiliki nilai aset yang cukup sebagai jaminan.

Itulah ulasan tentang jenis-jenis Pinjaman Bunga Rendah untuk para pebisnis. Semoga bermanfaat untuk Anda.