Kehilangan beberapa helai rambut setiap harinya merupakan hal yang normal. Namun, Anda perlu waspada jika mengalami rambut rontok hingga lebih dari 100 helai per hari. Rambut rontok bisa menjadi salah satu indikator dari penyakit yang berbahaya. Kenali penyebab dan cara mengurangi kerontokan rambut di bawah ini.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor emosional, hormonal, fisik, penyakit tertentu, hingga efek samping penggunaan suatu obat. Kekurangan beberapa mineral seperti zinc dan zat besi juga bisa menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan.

Anda perlu memahami apakah Anda berada pada keadaan seperti di atas sehingga rambut Anda lebih rontok daripada biasanya. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa mempelajari cara mengatasinya berikut.

Cara Mengurangi Kerontokan Rambut

Selain berkonsultasi dengan dokter, ada baiknya Anda mencoba mengatasi kerontokan rambut secara mandiri terlebih dahulu apabila kerontokan rambut disebabkan oleh faktor emosional dan fisik.

1.      Mengolah Emosi secara Baik

Jika masalah rambut rontok disebabkan oleh emosi, seperti stres atau beban pekerjaan yang tinggi, Anda bisa mengurangi kerontokan dengan mengolah emosi tersebut dengan baik. Anda bisa rehat atau mengatur list prioritas terlebih dahulu. Ambil waktu weekend untuk berlibur atau menjadwalkan liburan.

2.      Konsumsi Makanan Bergizi

Cara mengurangi kerontokan rambut selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi terutama yang mengandung zinc dan zat besi. Zinc dan zat besi bagus untuk memelihara rambut agar tetap sehat. Mineral ini menutrisi kulit kepala sehingga akar rambut lebih kuat dan kokoh. Pastikan kebutuhan mineral ini tercukupi dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

3.     Gunakan Sampo dan Kondisioner Khusus untuk Rambut Rontok

Sampo anti rambut rontok bisa menjadi solusi rambut rontok karena diformulasikan khusus untuk menguatkan akar-akar rambut. Selain sampo, penggunaan kondisioner juga bisa membantu mengurangi kerontokan rambut, kondisioner diketahui dapat melambapkan kulit kelapa sehingga akar rambut lebih sehat dan rambut tidak mudah rontok. Aplikasikan ini dalam 2 kali seminggu.

Bagaimana apakah mengalami masalah rambut rontok? Jika iya, Anda bisa mengaplikasikan cara mengurangi kerontokan rambut di atas. Kenali akar permasalahan/penyebab kerontokan rambut untuk menentukan solusi yang tepat dalam mengatasinya.