Kegiatan yang menyehatkan tubuh bernama olahraga merupakan sebuah aktivitas yang berhasil merenggut banyak perhatian masyarakat dunia dari semua golongan, mengingat kebutuhan olahraga yang sangat beragam maka brand kenamaan Rip Curl hadir untuk mencetak banyak perlengkapan olahraga yang diperlukan. Rip Curl merupakan produsen utama juga sekaligus sebagai pengecer peralatan olahraga berselancar atau boardware yang berasal dari Australia, didirikan pada tahun 1969 oleh Doug Warbrick juga Brian Singer di Torquay, Victoria, Australia dengan produk pertama ialah papan selancar.

 

Di tahun 1970, kedua pendiri setuju untuk mulai produksi pakaian selam menggunakan penekanan di transformasi teknologi menyelam di wetsuit yang sangat cocok untuk berselancar. Rip Curl berhasil melebarkan sayapnya mulai dari Australia, Eropa, sampai Amerika Selatan, bahkan juga aktif di Amerika Utara, serta Afrika Selatan.

 

Nama Rip Curl berasal dari Vee-Buttom merupakan surfboard milik Warbrick yang dibeli tahun 1968, Warbrick menuliskan “Rip Curl Hot Dog” tanpa ada maksud atau arti. Maka dari itu brand ini berfokus pada olahraga air, Rip Curl pun berhasil memimpin pasar pakaian selam untuk peselancar selama lebih dari 30 tahun lamanya.

 

Kedua pendiri ini juga menetapkan standar dari produk yang ia banggakan yakni menggunakan Elastomax dan teknologi Slickskin, selain pakaian brand ini juga menciptakan jam dengan teknologi maju jika dibandingkan dengan jam lainnya. Brand ini menciptakan jam khusus untuk peselancar yang memahami kondisi air pasang juga surut di laut dalam waktu sekejap saja, di musim dingin tahun 1969 saat ombak besar di Torquay begitu menantang membuat Warbrick dan Brian sepakat mengibarkan bendera perusahaan mereka.

 

Untuk tempat produksi awalnya mereka menyewa rumah tua di Torquay, menampung investasi dari mitra dalam bentuk mesin jahit yang dahulu digunakan sebelum perang Dunia kedua. Pekerja yang menjalankan produksi merupakan penduduk lokal, dan fokus dari produk yang dihasilkan adalah pakaian selancar alias wetsuit yang tahan terhadap cuaca dingin.

 

Keputusan ini berdasar pada hasil pengamatan dari sang penemu bahwa papan selancar sudah banyak diproduksi oleh perusahaan lain, sedangkan pakaian selancar yang mampu menahan udara dingin hanya diproduksi dari beberapa perusahaan saja. Sehingga saingan mereka tidak begitu banyak dan tujuannya adalah komersial marginal, sedangkan brand ini bertujuan untuk membantu peselancar untuk dapat berselancar di musim apapun.

 

Itulah tadi sedikit awal kisah berdirinya Rip Curl, semoga bermanfaat dan mampu menginspirasi siapapun yang ingin membuka usaha.