Jika membahas mengenal salah satu alat medis yang mampu mengatasi masalah nyeri dari beragam kondisi mulai dari gangguan saraf, operasi sampai dengan nyeri akibat persalinan, maka Transcutaneois Electrical Nerve Stimulation (TENS) bisa dijadikan sebagai solusi terbaik untuk dipilih. Meski demikian, Anda di rumah tentunya masih penasaran dan ingin tahu lebih jauh mengenai definisi, manfaat dan keunggulan dari alat TENS fisioterapi Omron ini, bukan? Oleh karena itu, agar lebih paham bisa menyimak artikel lengkapnya di bawah ini.

Definisi tentang alat TENS fisioterapi

Secara umum, TENS fisioterapi sendiri merupakan suatu alat terapi yang dilakukan dengan memanfaatkan mesin berukuran kecil yang dikenal dengan nama TENS unit. Di mana dalam kegunaannya sendiri, alat ini berguna untuk menghantarkan arus listrik bervoltase rendah ke dalam sistem saraf dalam tubuh melalui dua buah elektroda yang nantinya akan ditempelkan pada kulit.

Dari sekian banyaknya terapi yang dilakukan, TENS menjadi salah satu terapi yang sering kali dipakai dalam membantu mengatasi masalah saraf yang diderita seseorang. Dengan demikian, tidak mengherankan jika terapi ini kian digemari oleh kalangan masyarakat lantaran benar–benar efektif dalam membantu meredakan masalah nyeri yang diderita.

Apa saja manfaat TENS fisioterapi bagi penderita?

Sebagai salah satu terapi yang banyak digunakan, siapa sangka jika alat TENS fisioterapi ini memiliki sejumlah manfaat penting bagi penderita dalam mengatasi berbagai keluhan yang diderita. Beberapa manfaat penting yang ditawarkan antara lain sebagai berikut :

  • Meredakan masalah nyeri akibat menstruasi / endometriosis.
  • Mengatasi gangguan/cedera yang terjadi pada saraf tulang belakang maupun cedera akibat olahraga.
  • Membantu mengatasi masalah nyeri yang terjadi akibat proses persalinan maupun operasi.
  • Menghilangkan rasa nyeri yang biasanya terjadi pada sendi, leher dan punggung.
  • Mengurangi rasa nyeri akibat peradangan yang terjadi di bagian otot maupun bantalan sendi.
  • Alat TENS Omron mampu mengatasi masalah osteoporosis, fibromyalgia dan multiple sclerosis.
  • Mengatasi masalah nyeri penyakit kanker.

Keunggulan yang ditawarkan alat TENS fisioterapi

Dikenal sebagai terapi yang sangat efektif dalam mengatasi masalah nyeri, salah satu keunggulan yang ditawarkan dari terapi menggunakan TENS fisioterapi ini yakni diklaim mampu mencegah terjadinya rasa nyeri yang sewaktu–waktu dapat kambuh di kemudian hari. Meskipun hasil terapi yang didapatkan cukup beraneka ragam, akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika rasa nyeri ini bisa saja hilang secara permanen.

Bahkan, penggunaan terapi menggunakan alat ini terbilang cukup mudah dan praktis. Sehingga, para pasien tidak perlu mempersiapkan segala sesuatu sebelum menjalani terapi dengan alat TENS fisioterapi ini. Di samping itu, Anda juga dapat melakukan terapi ini sendiri di rumah. Kendati demikian, pastikan bahwa Anda telah memahami titik tubuh yang nantinya akan dipasangi alat elektroda dari TENS fisioterapi tersebut.

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda seputar definisi, manfaat serta keunggulan yang ditawarkan dari alat TENS bagi para pengguna dalam mengatasi berbagai permasalahan nyeri.