Memasuki musim hujan, tak jarang anak-anak memanfaatkan momen tersebut untuk bermain hujan-hujanan. Bermain hujan-hujanan tentunya menjadi momen yang sangat langka bagi si kecil. Meskipun demikian, sayangnya, seringkali para orang tua melarang anaknya bermain hujan-hujanan karena khawatir anaknya bisa terserang penyakit. Padahal, memperbolehkan si kecil bermain hujan-hujanan sesekali itu tidak apa-apa, lho, Mom, karena memberikan banyak manfaat untuknya. Tenang saja, sekarang sudah ada vitamin anak yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga si kecil tidak akan mudah diserang penyakit.

Lantas, apa saja manfaat yang akan diperoleh jika si kecil bermain hujan-hujanan?

1. Menstimulasi kemampuan motoriknya

Pada saat bermain hujan-hujanan, si kecil otomatis akan banyak bergerak seperti berlari ataupun melompat. Beragam aktivitas tersebut secara tidak langsung dapat membantu menstimulasi kemampuan motorik si kecil, lho, Moms. Si kecil akan sigap melompat untuk melewati genangan, menengadahkan kepalanya ke atas untuk melihat hujan turun, hingga menggerakkan tangannya bermain menciptakan cipratan air hujan.

2. Menstimulasi kemampuan sensoriknya

Tak hanya motorik, bermain air hujan juga dapat membantu menstimulasi kemampuan sensorik si kecil. Kemampuan sensorik sendiri merupakan keterampilan menggunakan indera yang ada pada dirinya. Meliputi indera pendengaran, penglihatan, perasa, penciuman, hingga sentuhan. Si kecil dapat mengenal dan tau bunyi hujan, melihat hujan turun, mengenal aroma sebelum atau saat hujan turun, serta merasakan perubahan panas menjadi dingin melalui kulitnya.

3. Merangsang kreativitas dan imajinasi si kecil

Masa kecil merupakan masanya si kecil mengeksplor sekitarnya dengan imajinasi dan kreativitas yang dia punya. Begitu pula saat bermain hujan, secara tidak sadar, khayalan dan imajinasi si kecil akan muncul seperti membuat kapal-kapalan dari daun di atas genangan air, menari di bawah hujan, berpura-pura menjadi katak atau lainnya.

4. Menambah pengetahuan si kecil

Sembari menjaga si kecil bermain hujan, Mom bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memberikan penjelasan tentang hujan secara sederhana pada si kecil. Misalnya, kenapa bisa datang hujan, hewan apa saja yang muncul saat hujan turun, apa bahayanya jika terlalu lama berada di bawah hujan, dan lain sebagainya. Manfaatkan juga momen ini sebagai waktu bonding dengan si kecil, ya, Mom.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan si kecil ketika bermain hujan-hujanan. Pastikan si kecil dalam keadaan sehat dan prima ketika akan bermain hujan-hujanan, ya, Mom!