Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong, melakukan perombakan besar besaran jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia mulai bersiap untuk menghadapi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G. Seperti diketahui, timnas Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Sejauh ini timnas Indonesia sudah menjalani lima laga. Di bawah asuhan Simon McMenemy kala itu timnas Indonesia menelan hasil minor. Pasukan Garuda berada di posisi juru kunci setelah kalah di lima laga.

Kini, sebanyak 34 pemain dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae yong. 34 pemain tersebut akan dipersiapkan untuk melakoni tiga laga tersisa di Grup G. Menariknya, Shin Tae yong merombak total skuad timnas Indonesia.

Saat ini Shin Tae yong hanya menyisakan dua pemain yang sebelumnya memperkuat timnas Indonesia di lima laga awal Grup G. Dua pemain itu yakni Yanto Basna dan Evan Dimas. Sementara itu, sisanya didominasi oleh pemain pemain muda.

Sebelumnya, Shin Tae yong memang sempat memberi sinyal akan ada regenerasi di timnas Indonesia. "Proses regenerasi berjalan dengan baik dan mulus," kata Shin Tae yong dikutip Bolanas dari dongA, Sabtu (17/4/2021). "Sejak saya ditunjuk, pemain muda seperti Asnawi bergabung dengan timnas."

"Setelah mengalahkan tim Eropa, rasa percaya diri para pemain muda telah meningkat," imbuhnya. Pelatih asal Korea Selatan itu berharap para pemain muda yang dipanggil bisa memberi kejutan di tiga laga tersisa. "Indonesia sudah dipastikan tak akan lolos ke babak selanjutnya," ujar pelatih berusia 51 tahun itu.

"Tapi kami ingin menunjukkan tim sudah berubah di sisa laga nanti," tandasnya. Timnas Indonesia sendiri memiliki tiga laga sisa yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni). Tiga laga tersebut rencananya akan dilansungkan secara terpusat di UEA.