Selain menghadirkan motorsport Yamaha YZF R15, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan juga Yamaha R15M yang mengadopsi pewarnaan body yang mirip dengan produk Yamaha yang dipakai di motor homologasi WSBK mereka yakni Yamaha R15M. Yamaha R15M diberikan tambahan upgrade oleh Yamaha yakni dengan dibekali Traction Control, dual Channel ABS, dan Quick Shifter yang akan membuat perpindahan gear (hanya shift up), semakin cepat karena tidak lagi membutuhkan mekanisme tarik tuas kopling terlebih dahulu.

  • Yamaha R15 dan Yamaha R15M

Secara umum, New Yamaha YZF R15 memiliki dapur pacu mesin 1 silinder single cam 155 cc (SHOC) berpendingin cairin plus VVA yang di-mounting ke sasis twin spar yang dipatenkan oleh Yamaha dengan nama Deltabox. Mesin akan menghasilkan tenaga yang akan dteruskan ke roda belakang melalui system transmisi dengan Assist and Slipper Clucth. New R15 generasi ke-4 ini juga memiliki dukungan untuk aplikasi “Y-Connect” yang mendukung tekhnologi di mana speda motor bisa terkoneksi dengan smartphone pengendara. Sementara New Yamaha R15M dibekali oleh fitur-fitur yang eksklusif yaitu quick shifter, speedometer bergaya R1, triple clamp bergaya R1, jok bermotif carbon fiber, dual channel ABS, TCS dan engine switch off model R1.

Radityo Andi Dharma, Manager Branding & Promotion Departement YIMM dalam launching produk terbaru Yamaha pada Rabu 1 Desember 2021, mengungkapkan perbedaan dari kedua jenis motorsport tersebut, “Mulai dari kemudi, mengusung smart cockpit design dengan full digital speedometer yang punya dual mode yaitu stream mode dan track mode.”

Area stang Yamaha R15M yang didesain mirip dengan Yamaha YZR-M1 da memiliki  tampilan yang semakin special dengan hadirnya special seat with carbon motif. Yamaha R15M dibekali big bike engine switch off yang mampu membuat pengoperasian jadi lebih efisien. Juga dilengkapi quick shifter yang mampu membuat ganti gigi naik tanpa harus menarik kopling, sehingga membuat akselerasi menjadi lebih responsive. Sementara untuk masalah pengereman, Yamaha R15M dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS) dual channel.