Ternyata Mudah, Begini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga. Dengan tubuh yang sehat, kamu bisa menjalankan berbagai aktivitas yang bernilai produktif, menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat, dan berusaha menjadi sosok terbaik yang berguna bagi lingkungan sekitar.

Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa kamu jalankan, mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur setidaknya 150 menit per minggu, menghindari stres, hingga aktivitas sederhana seperti mandi dan lainnya.

Berikut beberapa tips mudah agar tubuh kamu selalu sehat, dan terbebas dari berbagai penyakit, baik penyakit fisik maupun psikis.

1. Olahraga Rutin

Olahraga punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, mulai dari meredakan stres, meningkatkan massa otot, membakar kalori, menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki suasana hati dan lainnya.

Jenis olahraganya sendiri bisa disesuaikan dengan kemampuan dan passion kamu. Menurut WHO, orang dewasa berusia 18-64 tahun, disarankan melakukan olahraga kardio, dan angkat beban dengan intensitas sedang minimal 150 menit per minggu.

2. Tidur Yang Cukup

Tidur merupakan aktivitas penting yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan resiko depresi. Menurut penelitian, kamu disarankan tidur malam selama 6-8 jam setiap malam.

Selama tidur, tubuh akan mengeluarkan sitokin, sejenis protein yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan infeksi, membantu proses regenerasi sel tubuh, menurunkan resiko depresi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang paling efektif adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Kamu disarankan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mulai  dari karbohidrat, serat, vitamin, protein dan lainnya.

Sumber nutrisi terbaik bisa didapat dari daging merah, ikan laut, daging unggas, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Jika dibutuhkan, kamu bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan tertentu. Tapi ingat, pilih yang sesuai dengan rekomendasi dokter.

4. Kelola Stres

Stres tidak hanya berpengaruh kepada kesehatan psikis, tapi juga kesehatan fisik. Penelitian menyebut jika stres jadi penyebab utama munculnya masalah pencernaan, meningkatkan resiko penyakit jantung, dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Stres sendiri bisa diatasi dengan banyak hal, mulai dari berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup. Kamu juga bisa melakukan upaya yang khusus untuk mengatasi stres, salah satunya dengan yoga atau program meditasi dengan bimbingan profesional.

5. Menjaga Kebersihan

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya yang wajib diperhatikan adalah, dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, kamu bisa memulai dengan membuang sampah di tempatnya, menjaga sirkulasi udara  di rumah tetap lancar, dan lainnya seperti yang ditulis pada situs Kao Life.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan diri, kamu bisa memulai langkah sederhana dengan mandi 1-2 kali dalam sehari. Tapi jangan asal mandi, pastikan kamu selalu menggunakan Biore Body Foam.

Biore Body Foam hadir dengan teknologi Moisture Care Technology dan Mineral Foam, yang mampu membersihkan tubuh, dan memberikan kesegaran yang lebih optimal. Tidak hanya itu, Biore Body Foam dapat memberi efek relaksasi yang membantu menurunkan stres.

 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2022. 6 Secrets of Super-Healthy People

Healthline. Diakses pada 2022. The Secrets to Never Getting Sick.

Prevention. Diakses pada 2022. 8 Secrets Of People Who Never Get Sick

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.