Tips Bikin Mobil Super Nyaman untuk Bayi dan Balita

Bayi dan balita biasanya memerlukan berbagai kebutuhan dan perlengkapan ekstra di berbagai aktivitasnya. Bahkan, terkadang perlengkapannya lebih banyak dibandingkan orang tua, lho. Tak terkecuali saat menaiki kendaraan, apalagi jika perjalanan yang harus ditempuh lumayan jauh. Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban kita untuk memastikan keamanan seluruh anggota keluarga. Selain memiliki asuransi mobil murah online yang berkualitas untuk melindungi kendaraan selama perjalanan, membuat Si Kecil terasa nyaman saat melewati perjalanan juga penting dilakukan.

Berikut ini tips membuat mobil semakin nyaman untuk bayi dan balita agar perjalanan sekeluarga lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Jangan sepelekan baby car seat

Baby car seat sangat penting untuk menjaga keamanan dan keamanan bayi ketika perjalanan. Sayangnya masih ada saja yang menyepelekan ini. Banyak dari orang tua yang lebih memilih untuk memangku bayi dan balita dengan alasan kasihan. Selain itu, seat belt dalam mobil tidak dirancang untuk bayi, dan kemungkinan bayi terkena benturannya akan lebih besar, bahkan bisa menimbulkan risiko tercekik. Sementara itu, baby car seat dirancang khusus untuk keamanan bayi dan balita sehingga menghindari terlempar atau terbentur saat terjadi kecelakaan. Baby car seat juga bisa melatih kemandirian si kecil. Ketika memasang baby car seat, disarankan menghadap ke belakang untuk menghindari terjadi benturan di depan.

2. Sediakan mainan yang aman dan tidak membahayakan

Saat perjalanan mainan menjadi salah satu penyelamat agar bayi tidak rewel. Tapi, tidak semua mainan aman dimainkan di dalam mobil. Apalagi kalau berkendara hanya berdua dengan si kecil dan tidak ada yang membantu menjaganya. Pilihlah mainan yang berbahan lembut, misalnya squishy. Atau mainan berbahan karet, sehingga lebih aman digenggam. Hindari mainan yang keras atau bisa membahayakan bayi dan orang disekitarnya (jika dilempar). Agar praktis, ikatkan mainan di car seat untuk menghindari mainan jatuh ke bawah.

3. Cek kondisi kendaraan dan pastikan semuanya bersih

Apakah kamu pernah merasakan getaran atau guncangan saat di dalam mobil? Padahal kecepatannya tidak terlalu kencang. Tentunya itu akan membuat perjalanan tidak nyaman untuk kita dan Si Kecil. Kalau sudah nggak nyaman, biasanya akan rewel dan menangis. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, cek kembali mesin, ban, hingga sistem suspensi pada kendaraan. Selain itu, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan wangi agar terasa lebih nyaman ketika perjalanan.

Kalau mobil kamu dilengkapi dengan fitur tambahan seperti child lock, manfaatkanlah dengan baik untuk memaksimalkan keamanan Si Kecil. Sebagai tambahan, kamu bisa memasang kaca spion tambahan untuk memantau aktivitas si kecil ketika hanya pergi berdua. Nah, itu dia cara membuat mobil kamu lebih nyaman untuk Si Kecil. Jadi, bagaimana nih, sudah siap berpetualang bersama kesayangan?

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.