Bisnis katering sampai saat ini masih memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tak heran jika jenis bisnis ini banyak direkomendasikan untuk ditekuni. Apalagi sekarang teknologi juga sudah semakin canggih sehingga Anda bisa menjalankan bisnis katering rumahan dengan bantuan software kasir. Software ini akan mempermudah pencatatan pesanan serta manajemen finansial bisnis Anda.

Meningkatkan Penjualan Katering

Setiap jenis bisnis memang butuh strategi yang tepat agar penjualannya bisa meroket dan mendatangkan keuntungan yang besar. Begitu juga dengan bisnis katering ini yang perlu dikelola dengan cara tepat agar pelanggan semakin banyak dan jumlah pesanan terus meningkat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis katering Anda:

1. Manfaatkan Media Sosial

Sangat disarankan untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosi bisnis katering Anda. Media sosial sampai saat ini punya efek yang sangat besar terhadap sebuah bisnis. Marketing lewat media sosial memiliki efektivitas yang cukup memuaskan dan bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan.

 

Untuk bisnis katering ini, sangat disarankan bagi Anda agar memakai media sosial Instagram. Instagram memungkinkan Anda untuk mengunggah foto-foto makanan yang Anda jual. Melalui Instagram, Anda juga bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan.

2. Aktif Memberi Penawaran

Sebagai pelaku bisnis katering rumahan, cobalah untuk terus aktif memberikan penawaran. Jika bukan diri Anda sendiri yang menjaring pelanggan maka siapa lagi? Aktiflah menawarkan produk katering ini kepada keluarga, teman, maupun orang lain. Caranya mudah bisa lewat chat WhatsApp, pembagian brosur, penawaran langsung, dan lain sebagainya.

3. Manfaatkan Software Pendukung

Di zaman digital seperti sekarang ini, sayang sekali jika Anda menjalankan bisnis tanpa memanfaatkan teknologi apapun. Salah satu bentuk teknologi yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan angka penjualan adalah software kasir. Software ini memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen finansial secara efektif.

 

Lalu, apa hubungannya dengan peningkatan penjualan produk? Dengan adanya sistem pencatatan transaksi dan manajemen finansial yang canggih, maka pelayanan konsumen jadi lebih efektif. Semakin efektif pelayanan yang dilakukan maka akan semakin memuaskan di mata pelanggan. Hal ini tentu saja akan ikut mendongkrak angka penjualan.

4. Tawarkan Promo

Bagaimanapun juga promo pasti bisa mengangkat angka penjualan bisnis Anda. Tawarkan berbagai jenis promo menarik secara konsisten kepada pelanggan. Semakin menguntungkan promonya maka akan semakin baik. Pastikan promo yang akan diberikan sudah diperhitungkan secara matang. Anda bisa menggunakan mesin kasir digital dan software-nya untuk mempermudah pengelolaan promo.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Meningkatkan angka penjualan bisnis katering juga bisa dilakukan dengan menjalin komunikasi yang baik. Jalinlah hubungan positif dengan pelanggan, terutama para pelanggan lama. Ini akan membuat mereka tetap menjadi pelanggan Anda. Selain itu usahakan untuk terus memperluas relasi dan merangkul lebih banyak pelanggan baru.

 

Anda bisa mengembangkan bisnis lebih jauh lagi dengan software kasir dari Olsera. Platform ini menghadirkan kemudahan manajemen finansial, pembuatan laporan keuangan, pengecekan data, kontrol operasional bisnis, dan lain sebagainya. Report laba rugi, pengaturan aset, juga pengelolaan stok bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

 

Olsera sudah terintegrasi dengan Tokopedia dan memperkenalkan fitur terbaru Akunting Olsera. Fitur ini akan membuat operasional bisnis jadi lebih mudah dan manajemen finansial juga lebih efektif. Sangat berguna untuk membantu pengembangan bisnis lebih besar lagi dan memungkinkanĀ merchantĀ untuk mengelola dan mendapatkan laporan akuntansi yang lengkap dan detail. Laporan tersebut adalah laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal dan arus kas, bahkan hingga laporan hutang piutang. Langsung saja daftar sekarang dan nikmati semua kemudahan yang ditawarkan oleh Olsera!