Uniforia Finale, Bola yang Digunakan di Semifinal dan Final Euro 2021, Ini Maknanya

Adidas telah resmi meluncurkan bola yang akan digunakan di laga semifinal dan final Euro 2021, Uniforia Finale. Gelaran Euro 2021 telah memasuki babak semifinal dengan menyisakan empat tim terbaik dari 24 kontestan. Empat tim tersisa yakni, Italia, Spanyol, Inggris dan Denmark, akan memperebutkan dua tiket menuju partai final.

Di ajang semifinal dan final ini, mereka akan menggunakan bola yang berbeda dari laga laga yang telah dijalani sebelumnya. Bola tersebut baru diluncurkan oleh pihak Adidas pada Senin (5/7/2021) dan diberi nama Uniforia Finale. Motif atau pola dari bola tersebut sebenarnya sama dengan yang digunakan dalam babak fase grup.

Read More

Hanya saja bedanya, pada bola Uniforia Finale untuk semifinal dan final Euro 2021 ini, memiliki warna yang lebih mencolok. Terdapat paduan warna merah, putih, dan perak yang mana melambangkan pemilihan London sebagai tuan rumah puncak Piala Eropa 2020. "Detail ekstra telah ditambahkan ke bola untuk merayakan lokasi dan pentingnya tiga pertandingan terakhir di turnamen, sambil juga memastikan bahwa bola menonjol di lapangan permainan," tulis pihak UEFA dalam laman resminya.

Desain bola tersebut juga memiliki tanda khusus Stadion Wembley, tempat digelarnya laga semifinal dan final Euro 2021. "Ini termasuk detail tanda air Stadion Wembley – tempat semi final dan final akan dimainkan, serta cetakan putih ekstra untuk penampilan yang ringan," kata UEFA dalam keterangannya. "Fitur fitur ini dikontraskan dengan sapuan kuas sinyal hijau, merah, cyan, dan merah muda, yang terinspirasi oleh simbol ikonik London dan warna tradisional yang berpadu dengan latar belakang gelap yang mewakili langit London pada malam hari," terang UEFA.

Untuk diketahui, nama Uniforia sebagai nama resmi bola Euro 2021 bisa dimaknai sebagai persatuan dan membawa euforia terhadap adanya turnamen sepak bola antar negara Eropa di tengah pandemi covid 19. Selain itu, Uniforia juga dirancang untuk merayakan inklusivitas Euro 2021 dimana penyelenggaraanya berbeda dari edisi sebelumnya. Edisi kali ini, UEFA selaku pemilik hajat menetapkan 12 negara Eropa untuk menjadi tuan rumah, sekaligus memperingati 60 tahun kompetisi ini.

Inggris dipilih menjadi negara untuk tempat semifinal dan final Euro 2021 ini. Adapun gelaran semifinal Euro 2021 akan dimulai dari laga big match antara Italia vs Spanyol pada Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB. Sehari setelahnya digelar laga Inggris vs Denmark yakni pada Kamis (8/7/2021) pukul 02.00 WIB.

Adapun untuk final digelar pada Senin (12/7/2021) pukul 02.00 WIB dinihari. Semua pertandingan semifinal dan final ini akan digelar di satu stadion yang sama, Stadion Wembley, Inggris.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.